Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara mencangkok pohon jambu air dengan gambar dan video

    Jambu air
    Jambu Air

    Mencangkok ialah salah satu tata cara perbanyakan tanaman secara vegetatif yang dicoba dengan metode pengeratan batang pohon induk serta dibungkus dengan media cangkok buat mengembangkan akar pada batang yang dikerat tersebut.

    Tata cara perbanyakan tanaman buah dengan metode mencangkok biasanya dicoba buat mempertahankan watak serta keunggulan induknya, dimana perihal ini tidak bisa dicoba manakala perbanyakan tanaman tersebut memakai biji, sebab perbanyakan tanaman memakai biji, mutu hasil buah yang diperoleh dikala dipanen terkadang tidak sama dengan induknya.

    Jambu air sudahlah sangat sering di dengar di kuping kita bukan? Buah ini gampang kita temukan di area dekat. Jambu air tercantum tanaman yang berasal dari Indonesia, setelah itu menyebar ke Malaysia dan pulau- pulau di Samudra Pasifik

    Buah jambu ini dapat disantap secara langsung ataupun dapat pula dijadikan olahan rujak dengan buah- buahan yang lain.

    Water apple ataupun jambu air mempunyai watak yang adaptif terhadap area yang mempunyai hawa tropis, serta bisa berkembang dengan baik di dataran 1000 m di atas permukaan laut. Saat sebelum mengawali pokok bahasan tentang metode mencangkok buah jambu, berikut 

    Klasifikasi jambu air yang harus kita tahu.

    Bibit tanaman hasil cangkok mempunyai keunggulan tertentu, antara lain merupakan tanaman hasil cangkok lebih kilat berbuah dibanding dengan perbanyakan tanaman yang dicoba memakai biji( generatif), memiliki watak serta mutu yang sama dengan induknya, tingkatan keberhasilan budidayanya besar, dimensi pohon bisa diatur sehingga tidak sangat besar serta masih banyak lagi keunggulan- keunggulan yang lain.

    Waktu yang pas buat mencangkok tanaman 

    Spesialnya buat tanaman buah, hendaknya kala tanaman telah berakhir masa panen buah, sebab pencangkokan pada dikala tersebut, tidak hanya buat memperoleh bibit yang baik pula buat meremajakan dahan pada pohon indukan. Pencangkokan baik pula bila dicoba pada masa penghujan

    Bila kamu tertarik buat melaksanakan perbanyakan tanaman dengan tata cara cangkok, berikut ini pembahasan Metode Mencangkok Pohon Jambu Air Yang Benar.

    Media Mencangkok

    Siapkan media buat mencangkok dengan komposisi bagaikan berikut:

    • 40% tanah gembur, gunanya buat menaikkan kepadatan media
    • 60% cocopeat, gunanya buat melindungi kelembaban media, sebab dapat menaruh air dengan baik
    • 40% cocofiber/ serat- serat panjangnya cocopeat, gunanya supaya media tidak
    • 30% pupuk kompos
    • 300 miligram vit B1 yang dilarutkan kedalam 3,5 liter air

    Gabungkan seluruh bahan sampai menyeluruh setelah itu siram sampai basah memakai air larutan vit B1.

    Seleksi batang yang hendak dicangkok dari tanaman induk, pemilihan batang ini ialah perihal berarti sebab nantinya hendak memastikan mutu bibit hasil cangkok sehabis ditanam. 

    Ketentuan batang yang hendak dicangkok ialah wajib dari tanaman induk yang produktif, berusia 2 tahun lebih, terbebas dari serbuan hama serta penyakit.

    Kerat batang yang sudah diseleksi memakai pisau tajam yang tidak berkarat dengan 2 keratan berjarak dekat 4 - 5 centimeter, setelah itu kupas kulitnya serta kerok kambiumnya sampai betul- betul kering.

    Bila pohon yang dicangkok merupakan tanaman bergetah semacam pohon mangga hingga sehabis dikerat serta dikupas kulitnya didiamkan terlebih dulu 3- 4 hari sampai getahnya kering setelah itu baru dikerok kambiumnya. 

    Siapkan plastik transparan buat membungkus media cangkok, setelah itu ikat bagian bawahnya pas di dasar cangkokan memakai tali rafia.


    Mencangkok
    Mencangkok

    Tata laksana cara mencangkok Jambu Air

    1. Seleksi cabang yang penuhi ketentuan pada pohon induk, ialah dimensi tidak sangat besar, perkembangan produktif, baik( lurus), serta tidak sangat tua.
    2. Kerat( sayat) pada bagian pangkal cabang terpilih secara melingkar dengan jarak antar- keratan 3 centimeter 5 centimeter.
    3. Kelupaskan kulit bidang sayatan, setelah itu kerik kambiumnya sampai keiing.
    4. Ikat pembalut( sabut kelapa ataupun lembaran plastik) di bagian pangkal cabang pencangkokan.
    5. Lekatkan ataupun tutup bagian cedera cabang dengan media setebal 5 centimeter 6 centimeter, kemudian balut dengan sabut kelapa maupun lembaran plastik.
    6. Ikat pembalut cangkokan di bagian atas bidang cangkokan.
    7. Perkenankan bibit cangkokan berkembang pada pohon induk sepanjang 1, 5 hingga 3, 5 bulan sampai akar tarnpak berkembang.
    8. Potong pangkal cabang tempat bidang cangkokan. 

    Setek Cabang

    Di samping perbanyakan vegetatif dengan okulasi serta cangkok, jambu air bisa diperbanyak dengan setek cabang. Cabang diseleksi yang lurus dari pohon induk produktif serta sehat. Panjang setek cabang 20 centimeter 30 centimeter. Oleskan bawang merah pada keratan bagian atas buat memicu tumbuhnya akar.

    Ambil media buat cangkok yang sudah disiapkan, kepalkan serta bungkuskan melingkar pada batang yang dicangkok, setelah itu tutup dengan plastik serta ikat bagian atasnya sampai betul- betul rapat sehingga air hujan tidak dapat masuk.

    Dengan aplikasi larutan vit B1 pada media, umumnya akar hendak berkembang sehabis umur cangkokan 2 minggu.

    Dikala cangkokan jambu air telah berusia 2,5 - 3 bulan ataupun dikala akar yang berkembang telah bagus serta nampak cokelat, saatnya buat turun cangkok serta ditanam baik dalam pot, polybag ataupun ditanam pada lahan.

    Pemeliharaan bibit cangkok jambu air

    Pemeliharaan bibit cangkok jambu air saat sebelum ditanam di kebun meliputi aktivitas bagaikan berikut.

    1. Siapkan polybag ataupun keranj ang yang berdimensi lumayan besar, kernudian isi dengan media tanam berbentuk kombinasi tanah serta pupuk kandang ( 1: 1 ataupun 2: 1).
    2. Pindahtanamkan bibit can gkok kc dalam polybag ataupun keranj ang tadi, sembari membuang sebagian daun serta ranting.
    3. Pelihara bibit cangkok di tempat pendederan selama 1 bulan supaya bibit lumayan kokoh serta sudah bertunas.

    Video Cara Mencangkok Jambu air